22 Juni 2010

Membaca Angka Ishihara Test Book

Sesuai dengan judul, kali ini akan kita coba membaca angka-angka yang ada pada buku Ishihara Test. Jika kita memiliki penglihatan yang normal, maka kita tidak akan mengalami kesulitan seperti yang dialami teman-teman kita yang menderita buta warna Parsial (BW Partial). Namun, jika kita adalah termasuk penderita BW partial,
cara ini cukup ampuh digunakan untuk membaca angka di Ishihara Test Book dan untuk mengetahui kekurangan sel-sel warna apakah sebenarnya mata kita ini. Berikut caranya:
  1. Sediakan plastik mika bening 3 warna, yakni Merah, Kuning, dan Hijau. Plastik mika ini bisa kita dapatkan/beli  di tempat fotokopi. Biasanya untuk cover jilid buku. Gambar contoh plastik mika: 
  2. Potong platik mika tersebut sesuai ukuran buku Ishihara atau sesuai dengan kebutuhan.
  3. Letakkan mika tersebut diatas angka-angka Ishihara Test Book yang akan dibaca. Atur juga jarak baca dari mata ke buku Ishihara. Usahakan untuk tidak terlalu jauh membacanya.
  4. Angka Ishihara tersebut akan terlihat. Jika angka dan corak belum terlihat dengan 1 warna tadi, ganti plastik mika berwarna tersebut (Merah, Kuning, Hijau) untuk mengetahui di warna apa sebenarnya kelemahan mata kita.
  5. Bisa juga dikombinasikan bersama ketiga warna tersebut, tinggal disusun dan dijadikan satu. Selamat mencoba dan jangan menyerah untuk berusaha:-)
Share

2 komentar:

  1. wah genius ni idenya top margotop

    BalasHapus
  2. terima kasih mas rahardi infonya, sangat bermanfaat sekali untuk saya.

    BalasHapus